Tentang Sebuah... #02


Holaaa!!!

Apa kabar?? (duh, kek ada yang baca aja, haha)

Mungkin beberapa dari kalian yang baca ini di part sebelumnya ada yang bertanya-tanya kenapa judulnya nanggung banget sih? 

 “Tentang Sebuah...”

Yaa jujur aja, saat diminta (ciee ‘diminta’) buat nulis ini gue sama sekali gak punya ide mau dikasih judul apa tulisan ini. Mau gue kasih judul yang lebih spesifik sebenernya, tapi takut ada yang tersinggung (secara begini aja kalau yang bersangkutan baca gak tau deh gimana responnya). Karena dari tulisan ini gue cuma pengen share kisah gue, bukan bermaksud untuk mengkotak-kotakkan sekelompok orang yang satu dengan yang lainnya. Karena sebenernya buat gue, siapapun orangnya, bagaimanapun dia dan latarbelakangnya, selagi dia orang yang baik dan bertanggung jawab gue gak ada alasan buat gak suka sama orang tersebut. Dan lagipula kan gak asik juga kalau gue cerita terus kaliannya gampang banget menebak siapa yang gue maksud. Hahahaha

Sebenernya gue sempat berpikiran untuk menyempurnakan judulnya jadi “Tentang Sebuah... Perpisahan yang Menyisakan Tanya”. Nah dari judul tersebut bisa kalian bayangkan dong kisah ini gimana kelanjutannya. Tapi akhirnya gue memutuskan untuk yaudah lah, biarin aja judulnya nanggung begitu. Mau lanjut cerita tantang gue dan Masnya waktu SMA?

Okay, let’s we start it...

Kalau banyak orang bilang masa ‘putih abu-abu’ adalah masa paling menyenangkan, menurut gue ada iya dan ada nggak-nya sih. Entahlah, pada kenyataannya gue gak begitu suka mengingat masa-masa SMA gue ini, karena memang ada beberapa hal yang terjadi di masa ini dan gak gue suka.

Gue menjalani awal masuk SMA dengan cukup... yah sebut saja menyenangkan. Kebetulan di awal masuk kelas satu gue termasuk di dalam kelas yang berisi orang-orang dengan aura positif. ‘Katanya’ sih, kelas gue ini kelas dimana para ‘anak pinter’ berkumpul. Tapi kenyataannya gue sama sekali gak merasa pinter, gue merasa seperti orang goblok yang accidentally kecemplung di kumpulan orang pinter. Iya dong, pinter dari mana coba kalau gue selalu dapet ranking satu... tapi dari bawah :(

Di semester pertama kelas satu (gue lupa apa penyebabnya) sempat terjadi percekcokan panas yang pada akhirnya memecahkan kelas gue menjadi dua kelompok, minoritas dan mayoritas. Mungkin disini awal mulanya gue gak menyukai masa SMA. Karena sejak saat itu gue merasa selalu menjadi kelompok minoritas bahkan selama tiga tahun sekolah yang entah kenapa walaupun anggota kelasnya diacak, gue ketemu sama orang yang itu lagi itu lagi. Bukan, gue bukannya gak punya temen, gue tetep punya temen kok, gue tetep punya geng kayak jaman gue SMP, tapi entahlah gue selalu merasa dipandang sebelah mata aja sama mereka-mereka yang dari kelompok mayoritas.

Hingga pada suatu hari setelah libur pergantian semester di kelas satu gue mendapatkan sebuah kejutan tak terduga. Di hari pertama masuk sekolah setelah libur cukup panjang, ada pergeseran ruang kelas (plis, bukan kelasnya digerser dalam arti yang sesungguhnya yaa). Jadi ruang kelas gue yang tadinya ada di sisi utara gedung sekolah, pindah jadi di sebelah selatan gedung sekolah. Jangan dibayangin kalo sekolah gue gede yaa. Gedung sekolah gue bentuknya cuma ‘kotak’ yang beberapa anak bilang, “mungkin kalo dilihat dari atas pake helikopter kelihatan kayak aquarium”.

Karena gedung sekolah gue saat itu masih baru banget, baru ditempatin sekitar setahunan, masih belum ada pohon dong yaa, yang ada cuma bakal pohon yang baru ditanem. Jadi bisa dibayangkan betapa panasnyaaaa... Bahkan jaman daftar ulang sebelum masuk gue sempat nyesel kenapa gue milih sekolah ini, gedung baru sih, tapi panas. Sampe kalau diibaratkan kita ‘nyeplok’ telor nih di tengah lapangan, bisa mateng itu telor. Tapi pada saat itu tetep ada kebanggaan tersendiri gue bisa masuk ke sekolah tersebut.

Nah alasan kenapa kelas gue dipindah adalah, karena ada sejumlah murid baru (pindahan) yang jumlahnya mencapai lebih dari 20 murid. Bayangin dong, kalau satu dua orang aja yang pindah masih bisa nyempil di kelas-kelas yang ada, nah kalau jumlahnya 20? Otomatis sekolah membuat kebijakan untuk membuka kelas baru. Padahal dibandingkan dengan angkatan sebelumnya, angkatan gue adalah angkatan dengan jumlah kelas/murid terbanyak. Gitu masih nambah satu kelas baru lagi...

Yah pada saat itu banyak sekali berita simpang siur mengenai satu dan lain hal bekaitan dengan para murid baru tersebut. Hampir satu sekolah heboh deh waktu itu. Gue mikirnya waktu itu sih cuma, kelas baru yang gue tempatin panas, lebih enak dan adem di kelas yang lama. Tapi karena banyak murid pindahan itu, ternyata anak-anak lain mikirnya jauh banget sampe ke korupsi-korupsi apalah itu. Gue sempat terpengaruh sih waktu itu but i dont care...

Ditengah keributan tersebut datanglah seorang teman lama. Temen yang dulunya se-SMP sama gue. Entah apa alasan dia ngomong mengenai hal itu ke gue pada saat itu. Jadi temen cewek gue ini bilang, “Eh (dia panggil nama gue nih), kamu tau Masnya (dia nyebutin nama Masnya saat itu)? Dia ternyata pindah kesini loh, masuk di kelas yang baru itu.”

Dan respon gue cuma, “Hah? Masnya?” gue heran dong waktu itu, temen-temen SMP gak banyak yang tau kok kalau gue ‘naksir’ sama Masnya selain temen-temen deket gue banget. Si temen cewek gue ini pun gak bisa dibilang deket sama gue sih, ya  kita cuma kenal. Kok dia sampai berpikiran untuk bilang ke gue kalau Masnya pindah ke sekolah ini?

“Iya, Masnya yang dulu kelas xxx (nyebutin kelasnya masnya dulu).” Temen gue yakin banget.

“Serius?” gue masih gak percaya dong.

“Iya, coba deh kamu kesana. Lihat di daftar absensi yang ada di jendela kelasnya.”

Fix karena gue penasaran banget, gue cek dong ya...

Jadi karena sekolah gue ini gedungnya baru, kelasnya pun masih apa adanya. Boro-boro AC, kipas angin aja gak ada, jendelanya kosongan tembus pandang gak ada gordennya, jadi semua aktivitas di tengah lapangan keliatan dari dalam kelas karena jendelanya rendah. Of course panas banget gausah ditanya... Nah tapi kelasnya Masnya ini beda. Kelasnya VIP dong, jendelanya dipasang gorden dan full AC. Bisa dibayangkan betapa anak-anak yang ada di dalam adalah para anak orang berada kan yaa, kelas aja sampe eksklusif gitu. Gue jadi gak bisa leluasa ngintip siapa-siapa aja yang ada di dalem kelas. Satu-satunya cara ya dengan lihat daftar absensi yang ditempel di jendela, kayak saran temen gue tadi. Dan bener aja dong, ada nama Masnya di daftar absensi itu. Nama lengkapnya yang gue hafal banget. Saat itu juga rasanya gue gak bisa nafas, antara surprised, seneng, tapi juga heran dan bertanya-tanya.

Kenapa masnya memutuskan untuk kembali padahal baru setengah tahun sekolah di luar kota? Kenapa Masnya memilih pindah ke sekolah yang sama kayak gue? Bukannya dulu waktu gue tanya alasan Masnya sekolah di luar kota keliatannya dia pengen banget dan gak ada yang bisa merubah pilihannya itu? Bukankah Masnya udah nyaman banget sama sekolahnya yang di luar kota itu? Banyak banget ‘kenapa’ di pikiran gue saat itu.

Akhirnya gue pun memutuskan untuk tanya ke Masnya. Berusaha mencari kebenaran dari Masnya langsung. Saat itu Masnya pun mengakui bahwa, iya Masnya pindah (ke sekolah yang sama kayak gue). Ketika gue tanya apa alasannya, dia cuma bilang orang tuanya yang minta dia untuk balik (dulu gue bilang juga apa kan, kampret). Dan ketika gue tanya kenapa dia pilih sekolah yang sama kayak gue, jawaban dia cuma “gakpapa”. Pengen mengumpat gak sih kalau kalian jadi gue? :( Padahal gue ngarep banget dia bilang “karena kamu” hahahahahahaha NGIPI !

Yah, singkatnya selama SMA ini hubungan gue sama Masnya pasang surut. Ada kalanya gue suka dan ngebet banget sama Masnya, ada kalanya juga gue biasa aja sama Masnya. Ada kalanya gue suka dan deket sama orang lain terus lupa sama Masnya, ada kalanya juga gue bodo amat sama orang lain sampe yang gue pikirin cuma Masnya, Masnya, Masnya.

Kadang cuma ke kantin doang, muternya harus lewat depan kelas Masnya. Mau ke toilet, ada yang deket kelas gue, malah cari yang deket sama kelas Masnya. Dan harus gue akui, dia adalah alasan gue semangat berangkat ke sekolah. Sampe gue harus melakukan cara apa aja, mulai dari yang receh sampe yang mahal deh ya pokoknya, cuma demi biar bisa lihat dan deket sama Masnya.

Jaman kelas tiga terutama. Seneng banget kalau pas berangkat sekolah barengan datengnya, atau kalau gak gitu lihat Masnya lewat depan kelas gue. Seneng kalau kadang gak sengaja papasan dari/mau ke kantin. Seneng banget berangkat rame-rame bareng Masnya (sama murid lain juga) ke mushollah buat sholat. Dan yang paling seneng kalau pas sholat terus Masnya yang jadi imam. Yah walaupun dia ngimamin anak se-sekolah dan itu random, yah walaupun dia jadi imam pas gak perlu mengeraskan suara, gue udah seneng banget jadi bagian dari makmumnya waktu itu. Itu sih bagian menyenangkan dari masa SMA gue.

Mungkin, bisa jadi berita kalau gue suka sama Masnya ini sudah menyebar ke seluruh kelas terutama di angkatan gue. Yah semacam viral gitu kalau bahasanya sekarang. Jadi setiap kali gue gak sengaja ketemu, papasan sama Masnya atau nyapa Masnya, selalu ada aja yang ngecengin, temen-temen Masnya terutama. Tapi entah kenapa, dari respon tersebut gue merasa bahwa itu bukan merupakan sambutan hangat tapi malah semacam ‘mencemooh’. That’s why gue gak begitu suka sama temen-temen Masnya saat itu. That’s why gue bisa dibilang benci masa SMA gue yang masih menyisakan kesan/presepsi bahwa kelompok mayoritas dan minoritas itu gak akan bisa bersanding sampai kapanpun. Dalam hal ini bisa dibilang Masnya (dan temen-temennya) termasuk dalam kelompok mayoritas.

Bersambung dulu yaa... :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#KenapaBelumMenikah 02

#KenapaBelumMenikah 01