Tentang Sebuah...

Selamat Malam... (gue nulis ini malem)

Tulisan gue yang satu ini mungkin sedikit keluar dari jalur tulisan yang sebelumnya. Eh tapi masih ada sedikit kaitannya juga sih...

Gue pengen berbagi cerita tentang seseorang yang mengisi hari-hari gue selama beberapa tahun terakhir, yang namanya selalu gue sebut tanpa gue pernah mikir dia tersinggung atau nggak, yang namanya selalu gue bawa-bawa tanpa gue pernah peduli apakah dia keberatan atau nggak. Orang yang sering kali namanya digunakan temen-temen gue untuk ngejekin gue, karena gue susah banget move on dari dia.

Maafin aku yaa sering becandain nama kamu, mungkin Masnya baca ini... :)

Ada beberapa temen gue yang masih penasaran sama ‘Masnya’. Bagaimana ceritanya gue bisa se-begitu-nya sama Masnya? Kapan pertama kali gue kenal Masnya? Bagaimana ceritanya gue bisa suka sama Masnya? Bagaimana usaha gue ngejer-ngejer Masnya selama SMA? Apa yang bikin gue memutuskan untuk.....sama Masnya? Kenapa gue susah banget buat move on dari Masnya? Gue akan coba buat ceritain semuanya, seinget gue... Karena kejadiannya sudah beberapa tahun yang lalu, wajar dong kalau gue lupa-lupa ingat hehe

Let’s the story begin...

Jadi... Masnya ini temen se-SMP, se-SMA, dan se-kampus/se-almamater gue (beda jurusan dan beda lokasi kampus, waktu sekolah pun gak pernah sekelas). Sebenernya waktu SMP dulu Masnya bukan orang yang asing banget buat gue. Tapi memang saat itu kita gak saling kenal, nyapa pun bisa dibilang gak pernah. Mungkin sesekali papasan di gerbang waktu masuk atau pulang sekolah, gak sengaja ketemu di kantin atau dimana gitu, tapi kita sama-sama belum notice dengan kehadiran satu sama lain. Semacam ‘ada atau gak ada lo hidup gue gak ada bedanya’. Gue tau dia sebagai murid di SMP yang sama, familiar sama wajahnya, tapi gak pernah tau siapa namanya, dan gak begitu mau tau sih, dulu...

Waktu kelas dua SMP gue deket (atau gampangnya, pacaran) sama cowok yang terkenal playboy pada masa itu. Kelas kita sebelahan, dan kebetulan waktu itu dia deket sama temen se-geng gue (entah mereka pacaran, PDKT, atau bener-bener cuma berteman gue juga gak paham). Jadi sebenernya antara sengaja gak sengaja juga sih gue deket sama ‘Si Playboy’ satu ini. Nah, waktu kelas dua itu juga gue mulai sedikit menyadari kehadiran Masnya diantara Si Playboy dan kawan-kawannya.

Jadi jaman dulu nih gue berangkat sekolah masih naik sepeda, tapi beberapa temen lain ada juga yang bawa motor. Berhubung parkir di sekolah ini bayar, baik itu sepeda maupun motor, kami para pelajar missqueen ini berusaha untuk sedikit berhemat dong ya... dengan cara menitipkan sepeda atau motor di rumah salah satu temen yang deket sama sekolah. Jadi gue dan temen-temen lain parkir sepeda di rumah temen, terus jalan kaki dari rumah dia ke sekolah. Dari situlah gue mulai familiar dengan wajah Masnya, karena hampir setiap hari kita (geng gue dan geng Masnya bersama Si Playboy tadi) ketemu di jalan waktu berangkat ke sekolah. Dan sekali lagi, saat itu gue masih fokus ke Si Playboy, bukan ke Masnya...

Dan hal itu berlangsung cukup lama, gue lupa berapa lama...

Sampai akhirnya kita naik ke kelas tiga dan kegiatan semacam itu masih berlangsung. Di kelas tiga ini, formasi anggota kelas berubah, gue udah gak sekelas sama temen-temen geng gue lagi. Tapi, Masnya sama Si Playboy ini yang tadinya gak sekelas jadi sekelas. Di sini nih awalnya gue bisa kenal sama Masnya...

Jadi waktu mendekati kenaikan kelas (dari kelas dua ke kelas tiga) hubungan gue sama Si Playboy ini memburuk sampai akhirnya kita putus. Kalau jaman sekarang mungkin dibilangnya ‘berakhir dengan tidak baik-baik’. Gak perlu dijelaskan lah yaa apa alasannya... Tapi gobloknya gue, walaupun disini gue merasa sudah diperlakukan dengan tidak adil, gue masih aja sayang dan sempat merasa ‘nyesel’ ngelepasin Si Playboy ini dengan begitu mudahnya. Kalau gue inget-inget lagi sekarang ini gue jadi merasa goblok kuadrat. Hahahaha

Di kelas tiga ini gue deket sama temen-temen yang sebenernya juga gak baru-baru banget. Gue sudah kenal mereka karena kita juga sekelas waktu kelas satu. Semacam teman lama yang bertemu kembali gitu... Nah gue curhat dong sama mereka, cerita-cerita ke mereka tentang hubungan gue sama Si Playboy tadi. Cerita betapa gue yang polos ini bisa se-percaya dan se-goblok itu jatuh ke pelukan Si Playboy kayak dia. Lalu salah satu dari mereka (temen-temen gue di kelas tiga) yang sebenernya juga gak begitu deket sama gue sebelumnya bilang/cerita/mengaku kalau dia suka sama salah satu temennya Si Playboy ini, yaitu Masnya... jeng jeng jeng (biar dramatis)

Setelah kami saling cerita, entah apa yang ada di pikiran gue dan temen gue saat itu hingga tercetuslah sebuah ide. Idenya, disini gue berusaha untuk kenalan dan deketin Masnya, sedangkan temen gue deketin Si Playboy tadi. Ceritanya kita tukeran pasangan gitu lo... Cuma buat ngetes gimana respon Masnya ke gue, apakah sama kayak respon Masnya ke temen gue. Begitu juga untuk mengetahui bagaimana respon Si Playboy ke temen gue, karena waktu itu gue masih penasaran sama doi yang ternyata banyak banget ceweknya dan sama sekali gak punya rasa bersalah akan hal itu.

Gue memutuskan untuk memulai perkenalan dan pendekatan sama Masnya melalui facebook. Dulu lagi jamannya tuh. Gue add facebook Masnya, kita kenalan, ngobrol basa-basi, yang kalau gue inget-inget sekarang gue ngerasa jijik sendiri. Jaman dulu masih alay kan gue... hal itu terus berlanjut sampai akhirnya kita lulus SMP.

Oh iya, disini sebenernya respon Masnya biasa banget. Kita ngobrol ya selayaknya temen dari sekolah yang sama, gak ada yang spesial, gak begitu sering juga. Gue tanyain apa yang bikin gue penasaran tentang Masnya, dan Masnya pun merespon dengan sangat biasa dan sewajarnya. Tapi dari perkenalan ini gue baru menyadari adanya perbedaan jalan di antara gue dan Masnya.
Gue agak lupa, di awal-awal gue korek-korek informasi tentang Masnya gue selalu update ke temen gue. Entah sampai pada suatu titik gue gak cerita lagi ke temen gue tentang Masnya. Gue juga lupa, kayaknya temen gue laporan ke gue tentang Si Playboy itu juga gak begitu banyak. Sampai akhirnya kita tenggelam dalam urusan masing-masing.

Sebenernya di kelas tiga ini gue gak hanya berfokus ke Si Playboy dan Masnya sih, karena gue mengangap yaa itu cuma sebagian dari pemenuhan rasa penasaran aja. Di sisi lain gue juga deket sama beberapa cowok dari masalalu gue (baca: mantan). Karena jaman SMP dulu bisa dibilang  gue cukup nakal, sok deket sama banyak cowok. Sampe pas ketauan, ada yang ngata-ngatain gue ba*****n, br*****k, an**ng, dan umpatan-umpatan jelek lainnya. Bodo amat lah ya. Tapi itu bukan fokus utama cerita ini, jadi gak perlu diceritain disini.

Yah, ketika lulus SMP temen gue yang suka sama Masnya ini memutuskan untuk melanjutkan sekolah di luar kota. Waktu itu gue gak begitu paham dengan apa alasannya, gue juga gak begitu mau tau sebenernya. Iya, gue orangnya emang bodo amat, apalagi  sama orang yang menurut gue gak penting-penting banget. Jahat ya? Bodo!

Dan ternyata Masnya juga melakukan hal yang sama, memutuskan untuk melanjutkan sekolah di luar kota...

Nah di saat-saat ini nih gue mulai semakin penasaran sama Masnya. Kenapa Masnya memutuskan untuk pindah ke luar kota? Kenapa gak cari sekolah di dalam kota yang sesuai dengan pengennya aja sih? Akhirnya curhatlah gue ke salah satu temen geng gue di kelas dua dulu, yang pas kelas tiganya dia sekelas sama Masnya. Hayoloh bingung kan? Ya pokoknya gitu deh.

Gue curhat tentang Masnya, curhat kalau kayaknya gue mulai suka sama Masnya. Kenapa Masnya harus pindah ke luar kota sih? Gak bisa ya sekolah di sini aja? Cari sekolah mana kek? Ya kalau memang pengen sekolah ‘khusus’ kenapa gak cari yang di dalam kota aja sih? Banyak banget hal-hal yang bikin gue penasaran dan selalu gue tanyain ke temen geng gue ini. Sama dia gue cerita, dan dari dia juga gue mulai memahami dan mengerti bertapa kontrasnya jalan gue dan jalan Masnya saat itu. Tapi entah kenapa, walaupun pada saat itu gue sudah punya pikiran bahwa hubungan kita akan sulit disatukan, gue masih aja berharap, gak nyerah. Karena gue masih penasaran sama Masnya yang gak bisa dibilang cool sih, tapi pendiem, cuek, gitu deh...

Waktu itu gue juga sempat tanya ke Masnya, kenapa dia milih sekolah di luar kota, dan jawaban dia cuma “gapapa”. Kenapa gak disini aja? “Gapapa”. Kan disana jauh? “deket kok, cuma 2 jam perjalanan”. Terus gak ketemu orang tua? “gapapa”. Ngeselin kan? Tapi gue tetep penasaran dong :(

Sampai akhirnya yah gue terima aja kenyataan kita berjarak saat itu...

Bersambung dulu yaa, biar penasaran :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Sebuah... #02

#KenapaBelumMenikah 02

#KenapaBelumMenikah 01